flag
RT01/RW05 Lobeser Timur Ds. Baron, Kec. Baron, Nganjuk 64394   |   Contact: +62 857-5589-6233

Cara Meramaikan Cafe Melalui Digital Marketing

Kita akan membahas tentang: Cara promosi online cafe, cara promosi cafe baru buka, cara promosi untuk cafe, cara promosi cafe yang baik

Kami mengamati beberapa cafe yang ada di Jogja. Persaingan bisnis cafe di Jogja ini cukup tinggi, dalam kurun waktu 2 tahun saja sudah banyak cafe lama yang tutup dan berganti dengan cafe baru.

Tiap sudut kota pasti ada cafe-cafe dengan berbagai konsep. Yang tidak punya daya saing tentu akan tergerus.

Bukan hanya fasilitas saja, namun strategi promosi sebuah cafe juga perlu diperhatikan jika ingin memiliki pengunjung yang banyak.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi tentang cara mengatasi cafe sepi melalui strategi digital marketing.

Setelah membaca artikel ini, Anda akan tahu apa saja yang bisa Anda lakukan saat ini untuk membuat cafe Anda banyak pengunjung.

Tehnik 1 : Gunakan Google Bisnis untuk Mendatangkan Lebih Banyak Pengunjung

Jika kita mengingat jaman dahulu, tidak terpikirkan sama sekali di benak kita bahwa Google menjadi sebuah layanan luar biasa. Mesin pencari yang bisa kita jadikan media promosi.

Sekarang jika kita mau mencari apapun, misalnya “Hotel di daerah Jogja“. Maka yang ada dipikiran kita pertama kali adalah mencarinya di Google.

Jika Anda memiliki bisnis yang konsumennya dari wilayah sekitar, Google bisa Anda manfaatkan untuk media promosi secara GRATIS.

Apa itu Google Bisnis?

Google My Business atau Google Bisnisku merupakan layanan yang dimiliki Google agar pemilik bisnis mudah ditemukan di Google Maps maupun mesin pencari.

Sehingga jika calon konsumen Anda mencari lokasi Cafe di Maps, maka Cafe Anda yang muncul duluan.

Dengan mengoptimasi Google Bisnis, memungkinkan Cafe Anda didatangi lebih banyak pengunjung.

SEO Lokal untuk Cafe

Gambar di atas menunjukkan hasil pencarian lokal untuk “Cafe di Jogja”.

Coba Anda bayangkan jika Anda memiliki Restoran atau Cafe, dan bisnis Anda muncul di hasil pencarian Google beserta foto, alamat, nomor telepon, rating dan review. Pencari pasti akan lebih percaya dan memilih Anda daripada cafe lain yang tidak muncul, iya kan.

Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan optimasi Google Bisnis untuk meramaikan Cafe Anda.

Langkah 1 : Mendaftar di Google Bisnisku

Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan bisnis yang Anda miliki, supaya mesin pencari nanti bisa menunjukan bisnis Anda beserta foto, alamat, review dll.

Untuk daftar di Google Bisnisku (Google My Business), kunjungi halaman Google Bisnisku kemudian klik tombol biru yang berada di halaman Google.

Carilah nama bisnis Anda jika bisnis Anda sudah terdaftar Anda bisa langsung klaim kepemilikan dan Anda bisa menambahkan informasi. Jika belum terdaftar, daftarlah dan masukan identitas bisnis Anda.

Jika Anda sudah daftar di Google Bisnisku, lakukan langkah kedua agar bisnis Anda muncul di pencarian lokal.

Langkah 2 : Sebarkan Link Google Bisnis Anda ke Luar

Anda perlu memberitahu Google dan para Customer Anda bahwa Cafe Anda sudah hadir di Google Bisnisku.

Anda dapat menyebarkan Link Google Bisnis Anda dengan menekan tombol SHARE kemudian COPY LINK

google bisnisku, google bisnisku gratis, kode postingan google bisnisku

Link tersebut juga dapat digunakan untuk memandu pengunjung cafe baru yang ingin datang ke cafe Anda menggunakan Google Maps.

Semakin banyak Anda menyebarkan link ini, akan semakin kuat posisi Cafe Anda di Google Bisnis.

Sama seperti Backlink ke Website pada SEO, link dari website/blog/sosial media yang menuju ke Google Bisnis Anda akan sangat berpengaruh penting.

Langkah 3 : Perbanyak Rating dan Review

Rating dan Review ditampilkan berupa bintang yang berada di dalam Google Bisnis Anda. Jika rating Anda tinggi akan semakin besar peluang Cafe Anda tampil di atas.

Selain itu, para calon klien Anda pasti akan memilih cafe yang rating dan review-nya baik.

Di bawah ini adalah indikator review yang harus Anda perhatikan:

  1. Jumlah. Akan semakin Baik Jika review yang Anda miliki banyak
  2. Konsistensi. Hati-hati karena google juga bisa curiga. Contoh, jika review yang Anda miliki sehari 20, lalu di hari berikutnya tidak ada review sama sekali dan itu bisa dicurigai oleh Google.
  3. Beragam. Jika review Anda isinya sama semua dan selalu dapat bintang lima nantinya google akan merasa aneh.
  4. Update. Adanya bobot review baru dan rating lebih daripada bulan lalu.

Dari indikator diatas dapat disimpulkan, agar nama baik bisnis Anda tidak tercemar atau rusak, maka Anda jangan membuat review palsu.

Bagaimana cara kita Mendapatkan review yang baik dan benar?

Sebarkan link Google Bisnis Anda di sosial media (IG, Twitter, FB, dan lain lain) dan di sosial networking (Whatsapp, LINE, dll.) agar klien Anda bisa memberikan review, menghubungi klien lama yang puas dengan hasil pekerjaan Anda.

Author
Imersa

Digital Marketing Specialist