Lika-Liku “Ucin” Pengusaha Muda dari Kertosono Beromset 50Juta
Narasumber kita kali ini berasal dari Desa Pandantoyo Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Ia lahir di Surabaya pada tanggal 16 Agustus 1986. Panggilan akrabnya adalah Mas Ucin. Ia sekarang adalah seorang blogger. Memiliki ukuran sepatu 41 dan warna kesukaannya hitam.
Mas Ucin adalah founder dari Masbro7.com, sebuah akun wibesite yang menyediakan modifikasi motor seperti cover shock. Dia menggeluti usaha dibidang modifikasi motor sudah sekitar 2 tahun belakangan ini dengan profit penjualan yang terus meningkat.
Awal mula Mas Ucin ini menggeluti bidang cover shock adalah karena kesukannya di bidang mdifikasi motor. Terinspirasi dari beberapa komunitas yang ia ikuti, memperhatikan ide-ide dari modifikasi motor, dan antusiasme dari para pecinta motor yang sangat antusias dalam merombak/modif motor mereka.
Melihat dari realita itu kemudian maka didirikannya website masbro7.com sebagai salah satu eferensi dalam pemodifan motor.
Jatuh bangun sudah ia lewati dalam merintis usaha seperti warnet game, pengisian air isi ulang, dan jual beli hijab. Semuanya berakhir dengan ceritannya masing-masing.
Saat menjalankan usaha warnetnya ternyata Mas Ucin ini salah bidikan pasar. Mayoritas pengunjungnya adalah anak-anak pada usia sekolah. Naasnya mas ucin ini sampai dimarahin oleh ibu – ibu dari anak kecil yang main game di warnet game milik mas ucin.
Tidak sampai disini hujatan dan cacian terus diterima Mas Ucin. Tidak hanya dari ibu-ibu sekitar saja, tetapi juga dari warga sekitar. Bahkan keraguan juga datang dari keluarga Mas Ucin sendiri.
Walaupun mas ucin sudah sering memberi peringatan pada anak-anak para pelanggan warnetnya, masalah-masalah terus berdatangan.
Seperti saat anak main game tetapi tidak pulang dulu kerumah, mengambil uang milik orang tua mereka untuk bermain game, sampai bolos sekolahpun dilakukan mereka, hanya karena ketagihan bermain game online di warnet milik Mas Ucin.
Akhirnya mas ucin menutup warnet miliknya dengan berbagai alasan tersebut. Setelah itu, Mas Ucin membuka usaha dibidang pengisian gallon air mineral. Dengan menerapkan sistim peminjaman gallon, serta promo – promo yang dilakukan termasuk harga yang cenderung lebih murah. Banyak akhirnya para pelanggan yang tertarik dengan usaha mas ucin ini. Banyak pedagang yang menghentikan langganan pengisisan galon mereka sebelumnya dengan pengisian gallon milik mas ucin.
Lama kelamaan usaha pengisian gallon milik mas ucin terus mengalami peningkatan. Sampai pada akhirnya muncul teguran dari kompetitor, yang memiliki usaha sama yaitu pengisian gallon.
Pasalnya semenjak usaha Mas Ucin mengalami peningkatan usaha mereka sebagai pesaing mengalami penurunan yang sangat drastis.
Hal ini dikarenakan banyak pelanggan dari mereka sebelumnya yang berpindah pada langganan ke pengisian gallon milik Mas Ucin. Dikarenakan konflik yang terlalu banyak dengan para pesaing sampai membuat mas ucin sakit tanpa diketahui alasnnya.
Akhirnya usaha inipun tutup. Setelah usaha ini tutup Mas Ucin mencoba peruntungan di bidang fashion hijab. Berbekal kenekatan dan pengetahuannya di bidang internet marketing akhirnya Mas Ucin menekuni bidang ini. 2 tahun sudah ia menekuni bidang fashion hijab.
Nah, dibidang fashion hijab ini Mas Ucin sudah sedikit bisa menghilangkan konflik dengan para pesaingnya. Usaha ini juga terus berkembang sampai sekarang. Usaha dalam fashion hijab ini akhirnya tidak di handle lagi leh mas ucin dikarenakan ia lebih tertarik pada bidang otomotif dari pada bidang hijab fashion. Usaha inipun dipercayakan kepada adik keponakan perempuanya.
Banyak hikmah yang akhirnya dapat diambil dari kisah perjalanan Mas Ucin. Mulai dari konflik dengan orang tua dari anak – anak yang bermain game online, konflik dengan orang-orang yang memiliki bidang usaha yang sama. Sampai pada akhirnya menemukan minat usaha baru dibidang modifikasi motor.
Harapan kedepannya mas ucin ini mampu berkarya menciptakan berakena ragam pernak-pernik modifikasi motor. Tidak hanya pada cover shock saja. Tetapi pada peralatan onderdil yang lain.
Selain untuk mengembangkan minat dan kreativitas dari Mas Ucin, menciptakan banyak produk dikemudian hari juga untuk memenuhi kebutuhan para pecinta modifikasi motor.
Dengan melihat banyaknya cerita yang kita ulas tentang usaha milik Mas Ucin yang terus berkembang. Saat video ini kami buat, usaha Cover Shock nya sudah mempekerjakan kurang lebih sebanyak 5 orang pekerja. Yaitu untuk bagian produksi 3 orang dan bagian CS 2 orang. Perhari penjualan setidaknya ampu menjual 20pcs Cover Shock setiap harinya.
Permintaan ini diperkirakan akan terus meningkat seiring kepuasan pelanggan, gencarnya proses marketing serta kualitas yang terus diperbaiki oleh Mas Ucin.
Demikian ulasan talkshow pada episode kali ini. Semoga dapat menjadi hikmah bagi para pembacanya. Nantikan kisah menarik dan inspiratif berikutnya ya…
– – –
1 Comment
sangat menginspirasi sekali cerita dari mas ucin
dari satu jenis usaha pindah ke usaha yang lain